Kuliner Dan Wisata Terindah Di Tasikmalaya - Indonesia



Tasikmalaya Adalah kota di Priangan Timur ,yang hadir dengan berbagai pilihan wisata. Cukup satu kota dengan sajian wisata yang lengkap dari wisata dalam kota, kuliner, kerajinan, dan alam. Lahir dan besar di Kota Tasikmalaya membawa saya mudik atau aktifitas pulang kampung ke kota ini meskipun saya bukan keturunan Sunda. Sebelas tahun meninggalkan kota tercinta, selalu membuat saya rindu dengan kekhasan daerah Sunda pada tempat yang biasa disebut juga sebagai "kota resik". 

Perjalanan Jakarta- Tasikmalaya bisa ditempuh dengan  pejalanan darat sekitarlima jam, atau hanya sekitar 2-3 jam dari Bandung. Untuk transportasi umum bisa ditempuh dengan bis dari kelas ekonomi hingga eksekutif. Bagi yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Jawa Tengah dengan jalur selatan patut mencoba singgah ke kota ini. 

Selain masakan orang tua, sajian kuliner khas sangat menggugah rasa ingin berburu makanan nikmat di Tasikmalaya. Dari mulai nasi tutug oncom dan nasi cikur yang khas Sunda, kota ini juga menyajikan berbagai bakso nikmat. Dari mulai mie yamien bakso restoran milik etnis Tionghoa, penjual bakso dengkul dari Jawa sampai penjaja/rumah makan bakso ceker asli Sunda semua ada di kota ini, dan menggoyang lidah. Jajanan masa sekolah pun selalu dirindukan dan banyak bertebaran di pinggir-pinggir jalan seperti cakwe, cimol, cilok dan gorengan macam bala-bala alias bakwan, gehu alias tahu isi, cireng, dan lain-lain. Di bulan Ramadan jajanan tajil tiada duanya, seperti candil atau biji salak, kolak hui atau ubi sederhana namun citarasa tinggi karena memakai gula asli. Belum lagi es sarang burung, es cendol dan es campur yang sangat digemari. 

Kuliner Kota Tasik murah meriah namun dengan cita rasa luar biasa. Tasikmalaya juga punya wisata dalam kota. Saat ini, mal terbesar di wilayah Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar) berada di Kota Tasikmalaya, letaknya di Jl KH Z Mustofa. Perjalanan dalam kota bisa dimulai dari ujung jalan protokol ini yakni Masjid Agung Tasikmalaya. Di halaman Mesjid Agung ini terdapat satu bedug yang merupakan bedug salah satu bedug terbesar (diameter 2,02 meter) yang pernah dibawa keliling sepuluh kota pada "Parade Bedug 2007". Di sekitar jalan protokol ini banyak pertokoan, dan akan menjadi berkali-kali ramainya di saat menjelang Lebaran atau Tahun Baru. 

Dari jalan utama ada jalan- jalan cabang yang bisa membawa kita ke banyak lokasi lainnya. Mundur ke belakang salah satunya adalah bekas pusat pemerintahan kota, di ujung jalannya terdapat alun-alun kota yang biasa dijadikan pusat ngabuburit pada bulan Ramadan. Lainnya yang ramai di percabangan jalan protokol adalah adalah Jalan Cihideung yang merupakan pusat pertokoan emas, lalu ada juga Jalan Pataruman, Pasar Mambo dan Jalan Panyerutan dengan berbagai gerai kuliner. 

Untuk wisata dalam kota bisa dilakukan dengan jalan kaki, atau bersantai dengan becak kecuali di jalan protokol yang tidak dapat dilalui becak. Masih di kota namun bukan di jalan-jalan utama ada beberapa kolam renang umum dari pemandian air panas hingga water park. Belum lagi bermacam rumah makan dengan saung- saung khas Sunda dengan pemandangan sawah atau kolam ikan yang disebut balong. 

Nah, untuk kerajinan, kota ini dikenal juga sebagai pusat bordir, ada kawasan khusus pengrajin bordir yang kemudian produk- produknya dikirim ke pusat perbelanjaan di Jakarta, dari pameran tingkat nasional hingga internasional. Selain itu ada juga kelom geulis Tasikmalaya, sendal kayu/bakiak khusus wanita dengan ukiran, lukisan, dan desain khusus. Seperti banyak wilayah di Jawa, Tasikmalaya pun memilik motif Batik khusus, pusat
Batik Tasik ada di Kampung Cigeureung. 

Selain itu, satu kawasan kerajinan yang terkenal dan selalu dipenuhi mobil- mobil dari luar kota saat musim liburan adalah Rajapolah. Dari mulai pengrajin hingga gerai- gerai toko kerjainan anyaman dan sejenisnya berkumpul di sini. Setiap singgah selalu ada saja yang saya ingin beli. 

Sebagai salah satu Objek Wisata Terindah di Indonesia ,Gunung Galunggung yang pernah meletus di tahun 1982 merupakan gunung berapi yang masih aktif, namun selama tidak ada penutupan berarti kawasan wisata ini aman untuk dikunjungi. Selain ratusan anak tangga yang menjadi tantangan di dalamnya, terdapat pula pemandian air panas berupa kolam renang, juga sungai dangkal dengan air gunung yang mengalir. 


"Galunggung Sebagai 

Objek Wisata Alam Terindah Indonesia"



Objek Wisata Terindah Indonesia (Galunggung Tasikmalaya)
Kolam Renang Air Panas Galunggung

Objek Wisata Terindah Indonesia
Kolam Renang Air Panas Galunggung

Objek Wisata Terbaik Indonesia
Anak Tangga Menuju Kawah Galunggung

Wisata Terindah Indonesia
Wisata Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung
Pemandangan Indah Kawah Galunggung

Wisata Indah Kota Tasikmalaya
Pemandangan Indah Di Sekitar 
Anak  Tangga Kawah Galunggung

Tidak jauh dari pusat kota juga ada Situ Panjalu, yang merupakan danau buatan dengan daya tarik khusus. Sering dijadikan tempat piknik keluarga atau kelompok anak sekolah. Pengunjung bisa menaiki rakit untuk menikmati pemandangan di sekitar situ. Itu hanya sebagian saja, namun ada satu lagi tempat yang saya sangat sukai untuk dilalui. 

Jembatan Cirahong di Manonjaya. Konon jembatan ini dibangun saat masa penjajahan dan memakan banyak korban. Jembatan ini hanya bisa dilalui satu jalur sehingga kerap kali harus dijaga di ujung-ujung jembatan
agar tidak ada bentrokan arah. Di atas jembatan sepanjang 202 meter adalah rel kereta api,
fantastik! Jembatan yang lebaranya hanya sekitar dua meter itu berada di atas pemandangan sungai dan sawah yang curam namun indah.

Wisata Kota Tasikmalaya
Jembatan Cirahong Yang Konon Angker
Itulah beberapa ciri khas dan Wisata Kota Tasikmalaya yang admin rangkum dalam Objek Wisata Menarik dan Terindah Di Tasikmalaya , Jawa Barat , Indonesia

Sumber Referensi : Wisata Menarik Di Tasikmalaya





Bagikan Ke Teman Facebookmu: