-->

Arti Kata "New Normal" Yang Sebenarnya

;
Arti Kata "New Normal" Yang Sebenarnya Kenormalan baru (bahasa Inggris: new normal), terkadang juga disebut kewajaran baru atau kelaziman baru, adalah sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan 2007-2008, resesi global 2008–2012, dan pandemi COVID-19. 
Sejak itu, istilah tersebut dipakai pada berbagai konteks lain untuk mengimplikasikan bahwa suatu hal yang sebelumnya dianggap tidak normal atau tidak lazim, kini menjadi umum dilakukan.

Arti Kata "New Normal" Yang Sebenarnya
Arti Kata "New Normal" Yang Sebenarnya

Seperti yang sudah kita ketahui, wabah virus corona / covid19 ini berdampak sangat luas, hampir semua sektor per ekonomian dunia terkena dampaknya, bahkan di Indonesia sendiri, terlebih ke daerah saya juga di Kota Tasikmalaya sangat jelas terasa, segala ruang gerak kita pun serba dibatasi, lockdown, stay at home dan segala jenis. Mau tidak mau kita harus ikuti aturan pemerintahan

Terkait kenormalan baru ini, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), juga telah meminta jajarannya untuk melakukan sosialisasi secara masif terkait protokol adaptasi ke new normal. Menurut Jokowi, jika dilakukan secara disiplin, kurva terkait Covid-19 bisa menurun.

“Saya minta protokol adaptasi dengan normal baru ini, yang sudah disiapkan Kemenkes, disosialisasikan secara masif ke masyarakat, sehingga masyarakat tahu apa yang dikerjakan,” ucap Jokowi dalam telekonferensi, Rabu 27 Mei 2020.

Protokol tersebut di antaranya adalah menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menerapkan larangan berkerumun.

“Kalau sosialisasi secara masif, saya yakin kurva R0 dan Rt bisa diturunkan, bisa kita lihat di beberapa provinsi, bisa kita kerjakan,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meminta jajarannya mengecek kesiapan setiap daerah untuk melaksanakan standar new normal. Jika kurva penularan masih tinggi, Kepala Negara meminta agar TNI-Polri menambah pasukan ke lokasi.

“Dalam rangka persiapan normal baru, minta tolong dicek, tingkat kesiapan setiap daerah dalam mengendalikan virus, untuk daerah yang kurva masih naik, saya minta Gugus Tugas, Panglima TNI, dan Kapolri, Jawa Timur misalnya, kita tambah bantuan pasukan, aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi,” ucap Jokowi.

Selain penambahan pasukan, Jokowi juga meminta dilakukan pengujian sampel dan pelacakan secara masif terhadap PDP dan ODP Covid-19.

Nah itulah pengertian kata New Normal yang saat ini tengah di rencanakan oleh hampir seluruh negara di dunia setelah wabah covid19 melanda. Semoga bermanfaat dan membuat kita makin kuat di tengah pandemic corona ini. Jangan lupa tetap jaga kesehatan keluarga Anda.

LihatTutupKomentar