-->

Tips Dalam Memilih Sekolah Berlabel Favorit

;
Ada begitu banyak Sekolah-Sekolah Favorit Di Indonesia ,seperti Sekolah Di Bandung tak terkecuali sekolah di Kabupaten Tasikmalaya ,Jawa Barat yang pada saat ini bisa dibilang cukup sukses melahirkan prestasi, baik itu anak didik nya atau pun Prestasi Sekolahnya itu sendiri, yang di cap "Sekolah-sekolah Favorit" yang menjadi idaman para Orang Tua dan Siswa-siswa yang baru yang akan melanjutkan Jenjang Pendidikan nya.

Awalnya semua orang tua dan siswa itu sendiri merasa deg-degan menunggu pengumuman kelulusan, bertanya-tanya dalam hati apakah anak mereka akan lulus. Nah, setelah pengumuman kelulusan sekolah usia, orang tua kembali harus berpikir dimana anaknya akan melanjutkan sekolah. 

Sebelumnya kami pun mengucapkan selamat atas kelulusan anak Anda di tahun ajaran kali ini , dan pasti semuanya akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu Anda pun menjadi sedikit bingung dalam menentukan anak Anda akan masuk ke sekolah yang mana berdasarkan hasil yang keluar.



Sekolah Favorit Indonesia


Memilih sekolah bukan persoalan kecil karena pastinya setiap orang tua dan siswa menginginkan sekolah yang terbaik. Tentunya para orang tua pasti memilih sekolah favorit.
Incaran banyak orang adalah bisa masuk dan mendaftar di sekolah SMP atau SMA favorit di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pastikan Anda tidak salah dalam memilih label sekolah favorit, apalagi pada faktanya terlihat bahwa suatu sekolah terbaik dapat mencetak lulusan dan kualitas terbaik pula dengan nilai yang diatas rata-rata, orang tua pun tak ragu menitipkan anaknya untuk mengecap pendidikan di situ. Tetapi tahukah Anda bahwa label sekolah favorit saja sebenarnya tidak cukup! 

Berikut beberapa pertimbangan dan Tips Dalam Memilih Sekolah Favorit yang hendaknya Anda pikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum memilih Sekolah Favorit untuk anak Anda:

1. Nama Baik Sekolah

Ya, Anda memang tidak perlu repot mempertanyakan mengenai kredibilitas sekolah favorit karena sekolah favorit memiliki segudang prestasi dan selalu juara. Sementara kalau Anda ingin mendaftarkan anak Anda di luar daftar sekolah favorit, Anda harus melakukan
pencarian informasi terlebih dahulu mengenai sekolah tersebut, seperti prestasi apa saja yang sudah mereka dapatkan, perilaku murid- murid sekolah tersebut dan kualitas para pengajarnya.

2. Kelengkapan Fasilitas

Sekolah Dalam memilih sekolah, Anda harus cermat untuk memerhatikan berbagai fasilitas sekolah yang memang dibutuhkan oleh anak Anda sebagai media belajarnya. Anda bisa
memeriksa apakah sekolah tersebut memiliki laboratorium praktik berbagai mata pelajaran seperti Kimia, Biologi dan Fisika. Begitu pun apakah ada ruang komputer, ruang bahasa, lapangan olahraga, kantin yang sehat dan kamar mandi yang bersih dan lain-lainnya.

3. Kesiapan Keuangan

Anda Sendiri Tentu jika sekolah favorit tersebut makin lengkap, biaya yang harus orang tua
keluarkan pun makin tidak sedikit. Jadi Anda bisa meminta data lengkap dari sekolah mengenai perincian dana yang keluar, ini tidak hanya mencakup dana yang harus dibayar awal tahun ajaran tetapi juga dana yang harus keluar secara rutin selama anak Anda bersekolah di situ. Nah, Anda pun bisa mencocokkan dan memperhitungkan rincian dana tersebut dengan kesiapan Anda.

4. Lokasi Sekolah Berada

Lamanya perjalanan apalagi karena anak Anda harus bersekolah setiap hari tentu akan berpengaruh terhadap proses belajarnya. Oleh karena itu pertimbangkan apakah lokasi sekolah tersebut cukup jauh? Berapa lama waktu yang harus ditempuh oleh anak Anda untuk sampai ke sekolah? Untuk mencapai sekolahnya, sarana apa saja yang bisa digunakan oleh anak Anda? Apakah sarana tersebut pun cukup mudah? Kalau sekolah terlalu jauh dan
sarananya pun sulit, anak Anda malah bisa menjadi kelelahan dan tidak bisa konsentrasi belajar. Dan biasanya Sekolah ber label "Favorit" memang berada di area perkotaan/ jalur yang bisa dilalui oleh semua angkutan umum.

5. Mengukur Kemampuan si Anak

Tentu orang tua pasti bangga jika anaknya bisa bersekolah di sekolah favorit atau sekolah terbaik! Tetapi Andalah yang paling tahu mengenai kemampuan anak Anda. Apabila anak Anda sering harus berusaha mati-matian dan sulit untuk mengejar nilai-nilai mata pelajaran, hal ini tentunya bisa menyebabkan anak Anda malah stres dan nilai-nilai pelajarannya pun berantakan. Oleh karena itu, Anda pun harus bijaksana untuk memilih sekolah favorit bagi
anak Anda – berdasarkan kemampuannya. 

Tips Dalam Memilih Sekolah Berlabel Favorit

Menurut saya pribadi , "Sekolah Favorit" tentu ada nilai-nilai "Plus" dalam materi pembelajaran ,fasilitas, ekstrakurikuler ,dan lain sebagainya yang tidak dimiliki atau diberikan oleh sekolah non favorit (dan itu memang suatu ke istimewaan sekolah Favorit) , maka dari ulasan Saya diatas tentang kebijakan Orang Tua Yang hendak mendaftarkan Anaknya ke Sekolah Favorit, Khususnya di Tasikmalaya ini, ada baiknya juga, Anda mempertimbangkan dari sisi "Porsi dan Kemampuan" / Prestasi Anak Anda, apakah pilihan dan Keputusan Anda pada Anak Anda itu memang sudah yang terbaik? jika ingin mendaftarkan ke Sekolah Favorit. 

Yaaa, walau terkadang sebagai Orang Tua sih tergantung keinginan Anak, mau masuk sekolah mana pun, selama itu yang terbaik baginya, ya pasti bakalan di turutin. Betul nggak??

Hmmmm, kayanya cukup sekian dulu saja, artikel mengenai Tips Memilih Sekolah SMP &  SMA Favorit Untuk Anak berdasarkan Pertimbangan Pada Sekolah dan Prestasi Anak.

LihatTutupKomentar