-->

Tips Dan Cara Perawatan Gadget Yang Baik

;
Tips Dan Cara Merawat Gadget Yang Baik sebenarnya tidak susah, tergantung dari Anda sendiri sebagai pemilik dan pengguna Gadget. namun ada kalanya pengguna tidak memperhatikan hal-hal yang sebenarnya terlihat sepele, tapi dapat membahayakan dan membuat Gadget tersebut tidak terawat dan akan mudah rusak. Cara Merawat Gadget tentu saja berbeda dengan macam-macam barang lainnya, terutama pada Gadget  yang mempunyai fitur Touch Screen (Layar Sentuh) , karena menurut pengalaman saya sendiri, bagian yang peka dan sering mengalami masalah pada gadget ialah pada Layarnya (LCD). 

Untuk itu tidak ada salahnya Anda mencoba Tips Perawatan Gadget yang mendasar dibawah ini.

Cara Perawatan Gadget
Beberapa Jenis Gadget Saat Ini

CARA MERAWAT GADGET SMARTPHONE (ANDROID, BLACKBERRY Dll)
-       Jauhkan dari telivisi, radio dan benda-benda yang mengandung medan magnet.

-       Pakai screen protector (plastic anti gores) pada layar handphone dan smartphone kita.

-       Enggak menggunakan kuku untuk mengusap layar karena bisa bikin layar tergores.

-       Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung, karena bisa merusak kualitas LCD.

-       Simpan ditempat yang enggak terlalu sempit, kayak saku celana jeans. Kalau terlalu lama menerima tekanan (meski dalam keadaan terkunci), layar atau tombol bisa cepat rusak.

-       Enggak menekan layar atau tombol terlalu kencang.

-       Enggak mengisi baterai dari persentase isi 70% keatas. Lebih baik mengisi dari 20% dan pengisian harus sampai penuh. Dan mengisi baterai enggak lebih dari lima jam.

-       Enggak menggunakan handphone atau smartphone saat lagi nge-charge.




CARA PERAWATAN NETBOOK, NOTEBOOK dan LAPTOP YANG BENAR
-       Bersihkan layar dan badan laptop atau netbook kita dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus. Diusap dengan tisu bersih. Jangan menyentuh layar laptop langsung karena bisa merusak LCD.

-       Menggunakan pelindung keyboard supaya terlindung dari debu, air, dan lain-lain.

-       Memasang screen protector pada layar notebook dan laptop.

-       Kalau memakai terlalu lama, gunakan kipas angin notebook atau laptop (biasanya ditaruh dibawah), supaya mesinnya enggak kepanasan.

-       Charge sampai penuh dulu (biasanya empat jam kalau baterai kosong). Enggak menggunakan notebook atau laptop saat nge-charge, untuk mencegah baterai nge-drop.

-       Memasang antivirus, dan scan secara berkala.

-       Lepas baterai laptop kalau kita mau memakainya dalam waktu lama. Langsung menghubungkan laptop tanpa baterai tersebut ke listrik mencegah baterai cepat rusak.

-       Uninstall atau buang program yang enggak berguna di laptop atau netbook agar enggak memberatkan hardisk kita.


Tips Cara Merawat Gadget

PERAWATAN GADGET



CARA MERAWAT PC atau PERSONAL COMPUTER atau (Komputer Rumah Biasa)
-       Pakai UPS (Uninteruptable Power Suppy) yang menggantikan sumber listrik kalau listrik dirumah mendadak mati. Dengan begitu, Power Supply, hardisk dan motherboard PC enggak cepat rusak.

-       Pakai stavolt (penstabil naik-turun tegangan listrik). Beberapa UPS udah dilengkapi stavolt. Tapi, buat UPS yang enggak ada stavolt-nya, pakai stavolt terpisah. Sehingga walau tegangan listrik naik-turun, hardisk dan motherboard PC kita tetap aman.

-       Bersihkan rutin dari debu. Debu bisa menghantarkan panas. Kalau debu masuk komponen CPU, memori atau RAM PC kita bisa ngadat atau nge-hang.

-       Hindari kena air. Kalau keyboard PC kena air, bisa-bisa konslet! Walau udah dibersihkan dan dijemur sekalipun, kadang tetap enggak bisa nyala lagi.

-       Perhatikan voltase. Biasanya produk PC Indonesia membutuhkan 220 volt, untuk PC Jepang 110 volt. Makanya, kita perlu adapter untuk mengatur voltase ke PC. Kalau voltase listrik berlebihan, bisa-bisa konslet atau kebakar.

-       Update antivirus secara berkala. Dan program utilities tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet (cookies). 


CARA MERAWAT TABLET Seperti iPhone, iPad ,dan Sejenisnya

Cara Merawat iPadTips Dan Cara Perawatan Gadget iPhone Yang Benar

-       Bersihkan layar secara berkala dengan menggunakan tisu dan cairan pembersih khusus untuk lensa LCD. Setelah dibersihkan, LCD diberi lapisan pelindung khususnya.

-       Charge tablet kita begitu mendapati peringatan baterai lemah. Usahakan enggak men-charge tablet dalam keadaan mati total.

-       Saat nge-charge, jangan menggunakan tablet ya. Jika memungkinkan, matikan tablet ketika kita nge-charge dan segera lepaskan charger begitu baterainya full.

-       Pakai screen guard biar layar awet.

-       Jangan terpapar sinar matahari langsung atau ditaruh di tempat yang lembab dan suhu tinggi.

-       Pilih-pilih meng-install aplikasi ya. Enggak perlu meng-install aplikasi yang kurang bermanfaat atau jarang digunakan, biar memori tablet tetap terjaga dan enggak bikin tablet bekerja terlalu berat.

-       Kurangi jumlah widget dan ikon di layar utama.

-       Pakai casing khusus untuk tablet kesayangan.

-       Hindari menyentuh layar dengan terlalu keras dan kasar.


Gadget yang kian hari kian banyak digemari masyarakat, terutama bagi yang berjiwa muda memang selalu menawarkan berbagai fungsi canggih yang menjadikan Teknologi dan Dunia seolah olah berada di tangan Anda . Namun apa pun Gadget yang anda pergunakan saat ini, baik itu tipe dan merknya, utamakan lah segi perawatannya yang sering kita abaikan seiring dengan kesibukan anda.
Itulah sekilas saja gambaran dan cara-cara merawat gadget yang baik dan benar dari Admin di hari ini. Semoga bermanfaat bagi semua para pembaca setia blog Alumni SMPN 1 Tasikmalaya ini.
LihatTutupKomentar