Jenis-Jenis Lensa Kamera Dan Fungsinya



Jenis-Jenis Lensa Pada Kamera berikut fungsi serta kegunaanya pada model kamera SLR & DSLR . Tentu bagi seorang Fotografer profesional , Lensa Kamera ini berperan sangat penting dan vital dalam menanglap objek-objek (gambar) yang akan dijadikan bahan pemotretan . Namun lain hal nya dengan seorang Fotografer Amatir seperti om Vj Schndzziz :) . Membidik atau memotret adalah hal yang selalu tidak mementingkan seberapa bagus kualitas gambar yang dihasilkan nantinya , atau dalam arti ASAL JEPRET !!!! , heheheheh.. 


JENIS LENSA KAMERA
JENIS-JENIS LENSA KAMERA SLR / DSLR

Nah berikut akan saya bahas mengenai Perbedaan , Jenis Dan Fungsi masing-masing Lensa kamera. Ini akan sangat membantu kalian semuaya terutama untuk yang tengah belajar Fotografer.


"JENIS-JENIS LENSA TERBAIK 

UNTUK KAMERA SLR/DSLR"


A . LENSA KIT / JENIS LENSA NORMAL
Lensa ini juga disebut lensa normal, berukuran 50-55mm dan memberikan karakter bidikan natural. Gambar yang dihasilkan tidak akan beda jauh dengan apa yang dilihat oleh mata. sebuah lensa yang memetakan citra yang nampak seperti perspektif pandang normal mata manusia. Pemetaan perspektif tersebut didapat karena panjang fokus lensa sebanding dengan jarak diagonal bidang fokal dengan sudut pandang diagonal sekitar 53 derajat.


JENIS JENIS LENSA KAMERA TERBAIK
LENSA KIT (NORMAL)

B. LENSA FOKUS HALUS
Lensa fokus halus adalah lensa dengan aberasi speris. Soft focus adalah sebuah efek pada fotografi yang disebabkan oleh blur akibat aberasi speris lensa. Sebuah lensa fokus halus didesain untuk menimbulkan efek blur tersebut namun tetap menjaga ketajaman setiap garis dari subyeknya. Efek soft focus yang ditimbulkan oleh lensa ini tidak sama dengan efek out of focus yang disebabkan posisi subyek di luar bidang fokus.
Contoh lensa fokus lunak adalah Canon EF 135mm f/2,8 with Softfocus[5] dan Pentax SMC 28mm f/2,8 FA Soft Lens. Keduanya dilengkapi dengan sistem pengaturan aberasi speris, jika aberasi speris tersebut dimatikan, lensa akan menghasilkan citra dengan fokus yang tajam seperti lensa lain pada umumnya.
JENIS JENIS LENSA KAMERA UNTUK SLR
LENSA FOKUS HALUS


C. LENSA FOKUS TUNGGAL
Lensa fokus tunggal adalah lensa dengan bidang fokus tunggal, biasanya disetel pada jarak hiperfokal. Lensa fokus tunggal didesain untuk mencapai jarak fokal maksimum sehingga kedalaman ruang dapat mencapai rentang dari jarak dekat hingga jarak terjauh (jarak hiperfokal).



JENIS JENIS LENSA KAMERA PALING BAGUS
LENSA FOKUS TUNGGAL

D. LENSA TETAP
Lensa tetap adalah lensa dengan panjang fokus tunggal. Lensa tetap sering dikatakan mempunyai nilai lebih pada ketajaman hasil citra. Dengan ukuran yang lebih kecil, lensa tetap mempunyai bobot yang lebih ringan dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan lensa zoom pada mutu yang sama. Lensa prima juga mempunyai kelebihan pada kecepatan lensa dan dengan diameter tingkap yang besar (nilai bukaan yang kecil), sebuah lensa tetap menjadi lebih handal untuk digunakan pada pemotretan low light photography dan menimbulkan efek blur dengan kedalaman ruang yang rendah.

Dalam bahasa Inggris, istilah prime dalam konteks lensa telah digunakan sebagai lawan kata zoom. Sebuah lensa prima dengan panjang fokus tunggal dan lensazoom dengan panjang fokus variabel.


JENIS JENIS LENSA KAMERA SLR /DSLR
LENSA TETAP

E. LENSA WIDE ANGLE
Lensa jenis ini dapat digunakan untuk menangkap subjek yang luas dalam ruang sempit. Karakter lensa ini adalah membuat subjek lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dengan lensa jenis ini, kita dpat memotret lebih banyak orang yang berjejer jika dibandingkan dengna lensa kit (standar) di dalam ruangan. Semakin peendek jarak fokusnya maka semakin lebar pandangannya. lensa dengan panjang fokus lebih pendek daripada lensa normal, sesuai dengan ukuran bingkai citra pada bidang film pada kamera film, maupun dimensi sensor foto pada bidang fokal pada kamera digital. 

Menurut standar fotografi, lensa normal adalah lensa yang mempunyai panjang fokus mendekati panjang diagonal bidang fokal. Lensa sudut lebar dengan panjang fokus yang lebih pendek akan memproyeksikan lingkaran citra yang lebih besar ke bidang fokal. Ukuran lensa ini beragam mulai dari 17 mm, 24 mm, 28 mm dan 35 mm.


MACAM-MACAM LENSA KAMERA SAAT INI
LENSA WIDE ANGLE (SUDUT LEBAR)

F. LENSA FISH EYE (LENSA MATA IKAN)
Lensa Fish Eye merupakan lensa Wide Angle dengan diameter 14 mm, 15 mm, 16 mm. Lensa ini memberikan pandangan 180 derajat. Gambar yang dihasilkan dari lensa ini akan cenderung melengkung, terdistorsi menjadi oval dan terlihat seperti gepeng.

Lensa mata ikan adalah lensa sudut lebar dengan sudut pandang hemisperis yang sangat lebar. Lensa mata ikan pertama kali didesain dan dikembangkan guna kepentingan meteorologi untuk mempelajari barisan awan dan pertama kali disebut “whole-sky lenses”, lensa mata ikan menjadi populer pada fotografi umum karena distorsi citranya yang khas.
LENSA KAMERA UNTUK FOTOGRAFER
LENSA FISH EYE (MATA IKAN)

G. LENSA TELE
Lensa tele merupakan kebalikan dari lensa Wide Angle. Fungsi lensa ini untuk mendekatkan subjek, namun mempersempit sudut pandang. Yang termasuk lensa tele adalah lensa berukuran 70 mm ke atas. Karena sudut pandangannya sempit, lensa tele akan mengaburkan pandangan sekitarnya. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karenan lensa tele memang di gunakan untuk mendekatkan pandangan dan memfokuskan pada objek yang di tujunya. Lensa ini digunakan oleh fotografer unutk untuk memotret objek dari jarak jauh, seperti foto candid atau landscape.
JENIS LENSA TERBAIK UNTUK KAMERA
LENSA TELE

H. LENSA ZOOM
Merupakan gabungan antara lensa standar, lensa wide angle dan lensa tele. Ukuran lensa tidak fixed, misalnya 80-200 mm. lensa ini cukup fleksibel dan memiliki range lensa yang cukup lebar. Lensa zoom banyak digunakan sebab pemakai tinggal memutar ukuran lensa sesuai yang dibutuhkannya.

Berikut definisi dan biography dari lensa variable atau sering disebut lensa zoom : Lensa variabel adalah lensa yang tidak dapat mempertahankan bidang fokus pada saat terjadi perubahan panjang fokus karena posisi bidang fokal juga ikut tergeser, sehingga diperlukan pemfokusan ulang setiap terjadi perubahan panjang fokus. 

Panjang fokus dari lensa variabel tidak tunggal, tetapi dapat diubah-ubah pada rentang tertentu dari nilai minimum ke nilai maksimumnya. Ukuran lensa variabel sering ditentukan dengan rasio dari panjang fokus lensa yang terpanjang dan terpendek, misalnya sebuah lensa dengan panjang fokus 100mm ke 400mm, dijelaskan sebagai 4:1 atau “4x” zoom.

Dengan teknologi pengembangan lensa yang modern, degradasi mutu citra yang dihasilkan oleh lensa variabel, dibandingkan dengan lensa prima, sangatlah minim. Hal ini berbeda dengan sekitar 20 tahun yang lalu, ketika dengan pertimbangan untuk mempertahankan mutu citra, banyak fotografer profesional saat itu memilih untuk bekerja dengan tidak mengandalkan lensa variabel. Walaupun demikian, masih dikatakan bahwa hingga tahun 2009, belum ada lensa variabel dengan ukuran di atas 3x yang dapat menandingi lensa prima dalam hal mutu citra. Tentu hal ini bergantung juga pada kepiawaian seorang fotografer dalam mengatur cahaya, mempertahankan stabilitas kamera dari goncangan selama waktu pajanan dan olah digital.


LENSA KAMERA PALING BAIK UMTUK KAMERA SLR
LENSA ZOOM

I. LENSA SUPER ZOOM
Lensa super zoom adalah lensa fotografi dengan faktor panjang fokus (en:focal length factor) yang sangat besar, lebih besar dari 4x. Faktor panjang fokus dapat berkisar hingga 15x zoom pada kamera refleks lensa tunggal dan 26x pada kamera digital, hingga 100x pada kamera televisi profesional.


JENIS DAN FUNGSI LENSA KAMERA
GAMBAR LENSA SUPER ZOOM
J. LENSA PARFOKAL
Lensa parfokal adalah sebuah lensa yang mempertahankan ketajaman bidang fokusnya walaupun terjadi perubahan panjang fokus lensa.

JENIS JENIS LENSA KAMERA TERBAIK
LENSA PARFOKAL
K. AMBIGUITAS LENS (PRIME LENS)
Istilah prime lens pada awalnya mempunyai arti lensa utama pada sebuah kombinasi sistem lensa.Ketika sebuah lensa digunakan bersamaan dengan misalnya teleconverter, lensa tersebut sering disebut prime lens yang berarti lensa yang utama, dan teleconverter sebagai komponen tambahan. Beberapa pabrikan lensa seperti ARRI Media, ISCO Precision Optics, Schneider Kreuznach, Carl Zeiss, Canon masih memasarkan produk lensa variabel mereka dengan istilah variable prime sehingga dapat menimbulkan kesan seakan-akan produk tersebut berupa lensa parfokal.
JENIS JENIS LENSA KAMERA SLR / DSLR TERBAIK
AMBIGUITAS
Jenis-Jenis Lensa Kamera Dan Fungsinya yang mendominasi dan ber aneka ragam bentuk tentu untuk di sesuaikan dalam segala situasi dan kondisi pemotretan nya itu sendiri , bagi seorang Fotografer senior pasti telah faham betul gambaran serta LENSA-LENSA diatas tadi.

Dan sekian saja dulu ulasan dari dunia Fotografer yang membahas Macam-Macam Lensa terbaik untuk Kamera SLR kalian saat ini




Bagikan Ke Teman Facebookmu: