-->

Sejarah,Pengertian Dan Pengaruh Internet

;

Pengertian Internet

Internet adalah sebuah alat jaringan komputer yang dapat menghubungkan para pemakai komputer sampai ke ujung dunia. Alat ini merupakan sumber yang berfungsi sebagai informasi yang dinamis dan statis. Kata internet sendiri berasal dari Interconnection Networking. Dan menurut sejarahnya, pengertian internet menurut para ahli sangatlah beragam.


Pengertian Internet Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan
Skema Jaringan Internet

Sejarah Internet Di Dunia

Sejarah Internet mulanya pada tahun 1969. Pada waktu itu, ketika Department US, DAPRA, mengadakan riset tentang bagaimana cara menggabungkan komputer sehingga terbentuk menjadi jaringan yang organik. Lalu, riset ini sering disebut dengan ARPANET.
Pada tahun 1972, keberhasilan seorang bernama Roy Tomlinson dalam melengkapi Program e-mail yang dia ciptakan sendiri. Tidak dipungkiri e-mail menjadi sangat terkenal bahkan sangat popular sampai sekarang. Sehingga pada akhirnya, jaringan ARPANET terus dikembangkan sampai ke luar Amerika.
Menurut sejarahnya internet juga merupakan pemikiran-pemikiran para ahli yang sangat inovatif dan dampaknya sangat besar bagi pekembangan dunia.

Melihat begitu banyaknya kapasitas serta layanan yang luas, sungguh dapat menjangkau seluruh daerah pelosok yang ada di dunia ini. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan komputer ini, kita akan membahas beberapa pengertian para ahli tentang internet, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Salah satu ahli, seperti Lani Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. Dan, terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap di dalam media ini.

  • Ada juga para ahli, seperti Khoe yao tung, yang menyatakan bahwa intenet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.

  • Sedangkan pengertian internet menurut para ahli wikipedia yang tidak diketahui namanya adalah merupakan, bentuk rangkaian komputer yang saling berhubungan ke beberapa rangkaian yang menggunakan TCP dan rangkaian tersebut merupakan packet switching communication protocol. Nah, dengan demikian, maka rangkaian tersebut disebut dengan jaringan terbesar yang dinamakan internet atau internetworking.
Begitu banyaknya para ahli dalam beragumen tentang sejarah internet, tentu menjadi daya tarik tersendiri dalam mengambil kesimpulan untuk memahami internet.
Akan tetapi, rasanya internet adalah hal yang tidak asing lagi bagi setiap orang. Karena yang kita tahu adalah internet merupakan jaringan yang dapat membawa kita ke beberapa akses, seperti Facebook, Tweeter, sampai berbisnis dan tentunya mencari link-link yang dapat membantu kita mengetahui perkembangan dunia.

Perkembangan Internet di Indonesia

Mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas, juga dari anak-anak sampai dewasa, internet sudah merajalela. Tersedianya fasilitas internet yang memudahkan penggunanya, membuat internet semakin banyak yang memakai.
Kemudahan memakai internet sudah terasa saat ini. Tahun-tahun sebelumnya internet sangat jarang yang memakai, hanya orang-orang tertentu saja yang memakainya, yang mempunyai jaringan internet. Harga pemasangan internet yang terlampau mahal, membuat masyarakat berpikir ulang untuk memasangnya.
Selain itu, internet hanya dapat dijumpai di tempat rental atau sering disebut warnet, warung internet. Harga sewanya pun cukup mahal. Jadi, orang yang pergi ke warnet benar-benar kebutuhan karena ada keperluan.
Bandingkan dengan saat ini. Jaringan internet tidak susah untuk ditemui. Semakin canggih peralatan teknologi, semakin memudahkan orang untuk terhubung dengan internet. Mulai dari banyaknya modem, salah satu alat yang menghubungkan jaringan internet sampai banyaknya tempat-tempat yang memasang wifi, sehingga dapat menggunakan internet secara gratis.
Tidak hanya itu saja, ponsel dengan fasilitas internet juga sudah banyak beredar di Indonesia. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli ponsel yang ada fasilitas internetnya. Sekarang ini, banyak ponsel murah yang sudah dilengkapi dengan fasilitas internet, seperti ponsel bermerk.
Kemudahan mendapatkan jaringan internet membuat masyarakat Indonesia mengenal dunia internet, terutama jejaring sosial yang saat ini sangat digemari oleh penduduk dunia.
Tujuan utama adanya internet adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan berkomunikasi dan mempermudah mencari sebuah informasi. Akan tetapi, saat ini banyak penyalahgunaan internet, yang berdampak pada manusia itu sendiri.

Pengertian Internet Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan
Pengertian Internet Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan

Dampak Positif & Negatif Internet dalam Kehidupan Sosial

Perkembangan zaman yang semakin canggih menghasilkan produk-produk yang canggih juga. Dengan kecanggihan tersebut memudahkan manusia untuk berinteraksi atau bersosialisasi dengan seseorang yang jaraknya jauh.
Kecanggihan teknologi yang semakin cepat menuntut manusia untuk hidup serba mudah dan cepat, termasuk di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari teknologi tersebut sangat besar dan mempengaruhi semua aspek kehidupan.
Kehidupan politik, ekonomi, sosial-budaya, agama, dan pendidikan, semua terpengaruh oleh adanya kemajuan teknologi tersebut. Jadi, apabila ada orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, maka orang tersebut akan ketinggalan zaman. Salah satunya adalah dunia internet.
Seperti pemaparan sebelumnya mengenai pengertian internet menurut para ahli, bahwa meskipun tidak semua orang memahami internet, tapi pada umumnya masyarakat Indonesia sudah mengenal dunia internet, baik untuk kepentingan pribadi atau untuk kepentingan umum.
Karena kebutuhannya tersebut, jaringan internet sekarang ini mudah didapat, seperti yang sudah dijelaskan tersebut.

Apalagi teknologi handphone dan juga Smartphone yang rata-rata sudah mempunyai fitur internetnya, terutama jejaring sosial, memudahkan orang untuk memakainya.
Hampir setiap orang mempunyai Ponsel , sehingga kemungkinan sebagian besar orang menggunakan fasilitas internet di ponselnya. Dengan harga ponsel yang murah, tapi memiliki fitur yang lengkap, mampu membuat orang untuk memiliki ponsel.
Fungsi ponsel selain untuk berkomunikasi melalui telepon dan sms, juga bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui jejaring sosial. Tarif yang dikenakan pun relatif murah dibandingkan tarif untuk telepon.
Intinya, sekarang ini, orang untuk mengenal dan masuk ke dalam dunia maya itu sangat mudah karena adanya fasilitas yang mendukung, seperti ponsel. Selain itu, tersedianya modem yang harganya semakin murah dan banyaknya tempat yang menyediakan wifi, juga memudahkan orang untuk terhubung ke dunia maya.
Jejaring sosial sudah menjadi trend atau sudah popular, terutama di kalangan anak-anak remaja. Mereka bersosialisasi dengan teman-temannya melalui jejaring sosial, baik teman yang dikenal atau pun teman yang belum pernah bertemu.
Maraknya jejaring sosial juga berdampak pada perubahan lingkungan, terutama dalam bidang sosial. Orang-orang dapat bersosialisasi dengan teman-temannya tanpa harus bertemu. Bahkan orang tersebut dapat bersosialisasi dengan orang yang belum pernah bertemu.
Hal tersebut menjadikan seseorang mendapatkan teman yang banyak, meskipun berbeda daerah atau negara, dan dapat berkomunikasi dengan seseorang yang jauh dari tempat kita.
Dari bidang bisnis, jejaring sosial sangat membantu para pembisnis untuk menawarkan produknya. Lihat saja di jejaring sosial, sekarang sudah banyak toko on line yang beroperasi.
Banyak dampak positif dengan adanya jaringan internet, terutama jejaring sosial. Akan tetapi, perlu diperhatikan dampak negatifnya juga dengan adanya jaringan internet dan kembali lagi pada pengertian internet menurut para ahli, bahwa internet adalah sebuah layanan informasi dan komunikasi.
Pengertian internet menurut para ahli tersebut tetap saja memunculkan dampak negatif dari internet. Salah satunya adalah dalam bidang sosial.

Manusia adalah makhluk sosial. Maksudnya, manusia adalah makhluk yang selalu membutuhkan interaksi dengan sesamanya, bukan makhluk individu.
Berkomunikasi adalah salah satu bentuk manusia bersosialisasi. Bersosialisasi yang baik tentu saja dengan bertemunya manusia yang satu dengan yang lainnya, agar komunikasi tersebut jelas.
Jejaring sosial adalah salah satu media sosial manusia untuk berkomunikasi. Akan tetapi, komunikasi yang terjadi hanya di dunia maya. Tidak ada tatap muka atau bertemu secara langsung.
Mungkin itu memang memudahkan manusia yang ingin berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh darinya. Akan tetapi, apabila seseorang terlalu sering menghabiskan waktunya di dunia maya, hal tersebut tidak bagus untuk perkembangan psikologisnya.

Pengaruh Global Internet Pada Kehidupan Sosial

Misalnya: Keluarga, masyarakat umum, tetangga, dan sekolah Anda . Kecenderungan berselancar di dunia internet Manusia menjadi malas untuk bersosialisasi secara langsung dengan orang lain karena waktunya dihabiskan untuk bersosialisasi di dunia maya. Kepekaannya terhadap keadaan lingkungan sekitarnya menjadi berkurang. Bersikap tidak peduli pada lingkungannya. Sikap gotong royong di lingkungannya juga tidak ada.
Kepercayaan dirinya untuk berkomunikasi di depan umum menjadi berkurang karena jarang bersosialisasi di depan umum. Banyak dampak yang menimbulkan perubahan pada keadaan sosial di masyarakat.
Jadi, dunia internet, terutama jejaring sosial, boleh dipakai sebagaimana pengertian internet menurut para ahli, tapi jangan lupa pada lingkungan sekitar Anda. Untuk hiburan sesaat saja tidak apa-apa, tapi jangan sampai Anda menghabiskan waktu dengan dunia maya. Mulailah memanfaatkan waktu Anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar Anda.

Jadi jelas, jika kita melihat dan merasakan akan begitu besarnya dampak yang ditimbulkan bagi setiap orang yang  "Kecanduan Internet" ,seperti yang telah dipaparkan diatas.  Tidak kita pungkiri kalau kehadiran Internet di tengah tengah kita sangatlah penting, terutama dalam hal pertukaran Informasi Digital di era Globalisasi saat ini.  Dan itu sajalah uraian saya di pagi ini yang membahas tentang Pengertian Internet Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari ,semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang tengah ataupun yang terlanjur menjadi pengguna tetap Internet saat ini.



LihatTutupKomentar