-->

Tips Memilih HP Android Terbaru

;
Tips Memilih HP Android sebagai pelengkap kebutuhan sekunder dalam kehidupan dan berkomunikasi Anda tentu sangat wajib Anda perhatikan,selain Anda juga harus bisa Merawat Gadget itu , sebab bisa bisa Gadget/Ponsel yang telah Anda beli dengan harga yang lumayan mahal, eeeh ternyata setelah agak lama dipakai, ternyata Anda baru menyadari bahwa HP Tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan Anda alias tidak optimal, memang di jaman sekarang telah begitu banyak merk-merk dagang yang menyebar hampir memasuki kota-kota di Indonesia, perkembangan Dunia Gadget pun seolah menjadi incaran empuk bagi para oknum-oknum yang secara tak sadar akan mengurangi "Kualitas Gadget" karena semakin ketatnya persaingan.


TIPS MEMILIH SMARTPHONE ANDROID BARU
BEBERAPA TIPE SMARTPHONE ANDROID BARU


Dan hari ini saya akan memberikan seputar informasi untuk Anda yang masih ragu-ragu dan belum pernah mencoba sekalipun membeli ,memakai jenis ponsel ber-OS Android terbaru. Beberapa Tips Cara Memilih HP Android Terbaru ini perlu anda kaji dan telaah lebih mendalam. Simak uraian nya dibawah ini.

"Tips Memilih Gadget (HP Android)"

1.Layar (display)
Layar merupakan tampilan dasar yang sering membuat kita terpikat untuk membeli dan Memilih Gadget yang bervariasi, dan bagi anda yang menggunakan HP untuk keperluan multimedia, seperti pengolahan gambar, musik dan film, maka pilih ukuran layar berukuran 5” atau lebih. Ukuran layar yang lebar akan menambah kenyamanan anda dalam menikmati hiburan multimedia yang anda simpan di HP anda.

Namun untuk pengguna HP yang lebih banyak menggunakan HP-nya untuk sekedar menelepon, dan fungsi multimedia yang dimanfaatkan kebanyakan hanya sebatas mendengarkan musik saja, sebaiknya memilih HP dengan layar 4” atau lebih kecil dari itu.
Ukuran layar yang kecil akan memudahkan anda dalam menyimpan, HP anda baik disaku maupun tas. Dan ukuran kecil ini juga lebih nyaman dalam genggaman saat anda menelepon.

Abaikan resolusi layar, bila anda memang tidak benar-benar membutuhkan tampilan prima dilayar HP anda. Karena HP Android dengan layar resolusi tinggi tentu juga mempunyai harga jual yang lebih tinggi.

2.Batere HP
Kapasitas penyimpanan pada batere biasa dinyatakan dalam satuan mAh (milli ampere per hour). Sebuah batere dengan ukuran 1 milli ampere hour berarti, bila pemakaian arusnya 1 mA, maka batere akan bertahan selama 1 jam, bila pemakaian arusnya 0,5 mA, maka batere akan bertahan selama 2 jam, bila pemakaian arusnya 10 mA maka batere hanya bertahan selama 6 menit saja.

Makin besar nilai mAh batere maka makin besar kapasitas batere, yang berarti waktu aktif HP akan semakin lama.
Karena semua smartphone memang rakus akan daya listrik maka sebaiknya anda memilih HP dengan nilai mAh diatas 1500 mAh. Makin besar tentunya akan semakin baik.

3.Prosesor (Processor)
Prosesor merupakan istilah kependekan dari mikroprosesor (microprocessor), adalah komponen inti dari smartphone, dia ibarat seperti “otak” bagi smartphone. Kecepatan mengolah data pada HP Android sangat ditentukan oleh prosesor ini.
Satuan kecepatan kerja dari prosesor dinyatakan dalam satuan Mhz (mega hertz) yang menyatakan berapa juta eksekusi digital yang bisa dilakukan dalam satu detiknya.

Perlu anda ketahui bahwa kecepatan kerja ini berbanding lurus dengan penggunaan daya listrik, yang berarti makin tinggi kecepatan makin boros pemakaian daya listriknya, makin cepat habis isi baterenya.

Maka bila anda bukan pengguna yang terlalu tergantung pada kecepatan kerja aplikasi yang anda tanamkan pada Android anda, sebaiknya memilih prosesor dengan kecepatan 850 Mhz atau kurang dari itu.

Namun bila anda membutuhkan kecepatan kerja dari aplikasi yang anda tanamkan pada Android anda, maka sebaiknya anda pilih prosesor dengan kecepatan 1 Ghz (=1000 Mhz) atau yang lebih tinggi lagi kecepatannya.

4.Kamera
Saat ini kebutuhan akan kamera pada HP seolah sudah menyatu dengan kebutuhan HP itu sendiri. Untuk anda yang menginginkan hasil jepretan terbaik, sebaiknya memilih kamera yang memiliki fasilitan “auto focus”.
Fasilitas ini akan membuat anda dapat memotret objek dengan lebih baik dan juga dapat memotret dokumen dengan semua tulisan terbaca jelas.

Fasilitas kamera depan, mutlak anda butuhkan bila anda menyukai “live chat” atau “video chat”. Kamera depan ini juga sangat membantu untuk anda yang gemar bercermin.

Flash light tidak mutlak anda butuhkan, kecuali anda sering melakukan pemotretan di lokasi yang kurang cahaya.

5.Dual SIM
Bila anda memiliki lebih dari satu nomor celular, sebaiknya anda memilih HP Android dengan fasilitas dual SIM. Saat ini tersedia HP dual SIM GSM-GSM maupun HP dual SIM GSM-CDMA. Anda bisa memilih sesuai dengan nomor dan provider yang anda miliki.

Untuk HP Android dengan fasilitas dual SIM, pastikan bahwa kedua SIM tersebut dapat difungsikan sebagai data source (sumber untuk terhubung ke internet). Karena banyak HP Android dual SIM yang hanya mampu menyediakan salah satu SIM yang terpasang saja sebagai data source, sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih.

6.RAM (RANDOM ACCSESS MEMORY)

RAM atau internal memory, biasanya disebut dengan “memory” begitu saja dikalangan penjual, adalah komponen yang didalam sistem pengolahan data digital berfungsi sebagai pengangkut data. Semakin besar kapasitas angkutnya, maka semakin banyak data yang bisa diangkut per detiknya, maka semakin cepat selesai suatu proses digital.

Kapasitas memory dinyatakan dalam satuan MB (mega byte). Makin besar kapasitas makin baik, karena berarti makin cepat kerja HP nya. Dalam memilih HP usahakan memory-nya berukuran 1 GB (=1000 MB) atau lebih.
HP dengan ukuran memory dibawah itu akan bekerja terlalu lambat.

7.External Memory (SD Card)
Selain internal memory, umumnya setiap smartphone dilengkapi dengan slot untuk SD Card, sebuah kartu mungil yang berfungsi untuk menyimpan data. Ukuran data yang sekarang umum digunakan biasanya dinyatakan dalam satuan GB (giga byte). Semakin besar nilainya, berarti semakin banyak data yang bisa tersimpan.

Dipasaran terdapat pilihan ukuran yang biasanya bisa diformulasikan dengan rumus n pangkat 2, yaitu: 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB hingga 64 GB.
Pilihlah HP yang memiliki kemampuan membaca external hingga setidaknya 16 GB.
Ukuran ini membuat anda mampu menyimpan banyak file gambar, musik, film, dan juga data-data kerja anda.

8.Keyboard (Tombol)
Saat ini kebanyakan HP Android sudah menggunakan touchscreen (layar sentuh), sebagi media untuk mengetik. Bagi anda yang gemar melakukan chat, atau tergolong user yang sering sekali mengetik di HP sebaiknya anda memilih HP Android yang memiliki keyboard agar kesalahan pengetikan dapat diminimalisir. Dan tentu saja pilih keyboard dengan interface QWERTY.

Namun kini juga sudah ada solusi untuk pemilik HP Android non keyboard. Dengan tersedianya banyak pilihan external keyboard di pasaran, user bisa melakukan pengetikan dengan bantuan external keyboard tersebut. Namun tentu saja dari segi kepraktisan, masih lebih enak HP dengan keyboard yang sudah menyatu.

9.Kepekaan Layar Sentuh (Touchscreen) Saat Disentuh

Kepekaan touchscreen pada setiap HP Android berbeda-beda. Sekarang ini banyak beredar HP Android dengan kepekaan yang dibawah standar. Kepekaan dibawah standar ini bisa juga terlalu peka, sehingga setiap kali jari melintas dekat diatas layar maka seolah terjadi sentuhan pada layar. Atau bisa juga kurang peka, sehingga penekanan pada layar harus agak keras. Atau banyak juga yang koordinatnya tidak cocok dengan objek yang kita tekan, ini yang paling banyak terjadi.

Untuk mengujinya, anda bisa membuat tangan anda sedikit lembab, kemudian tampilan layout keyboard dilayar. Coba anda tekan tombol-tombol huruf yang ada dibagian tepi-tepi layar, misalnya huruf Q, A, Z atau tombol backspace, shift, atau enter.

Bila yang tombol yang anda tekan dengan karakter yang muncul atau fungsi yang muncul berbeda, berarti, touchscreen-nya tergolong dibawah standar. Anda juga bisa coba menempelkan layar ke telinga anda, apabila ada icon atau tombol yang seolah tertekan (terpencet) saat layar menempel ke telinga berarti kepekaan touchscreen dibawah standar, setting yang terlalu peka bisa berakibat koneksi (pembicaraan) terputus saat anda menempelkan HP ke telinga.  


TIPS MEMILIH SMARTPHONE ANDROID BARU
TIPS MEMILIH SMARTPHONE ANDROID BARU


10.Headphone Jack (Audio Out Jack Untuk Suara/MP3, dll)
Ada beberapa HP Android yang masih menggunakan USB Jack yang biasanya juga digunakan untuk charging, sebagai interface untuk headset maupun headphone. Anda sebaiknya memilih HP Android yang memiliki Headphone Jack yang terpisah sehingga anda bebas memasangkan headset atau headphone atau sambungan ke speaker aktif anda sembari anda melakukan charging.

11.Internal Compass
Pilih HP Android yang memiliki internal compass, kemampuan ini membuat semua aplikasi navigasi, seperti Google Maps, Android GPS, Latitude, Android Compass, Qibla (penunjuk arah kiblat), mampu berfungsi dengan baik. Untuk mengujinya pastikan aplikasi compass terinstal pada HP Android, dan lihat apakah jarum penunjuk kompas benar menunjuk ke utara, meskipun posisi HP diputar-putar.

12.Aplikasi Internal TV Pada Android

Untuk user yang tidak ingin tertinggal acara TV favorit atau pertandingan bola atau sinetron kesayangan, sebaiknya memilih HP Android yang sudah dilengkapi internal TV.

Dan akan lebih baik lagi apabila memilih HP Android ber-TV yang mempunyai fasilitas untuk merekam acara TV tersebut, sehingga saat anda berhalangan untuk menyaksikan langsung suatu acara TV, maka anda bisa merekamnya.

Naah, jika Anda 100% mampu dan pintar dalam memilih dan memilah gadget baru semacam Android yang makin gencar di Indonesia. Tentu Anda dijamin tidak akan rugi, sebab yaitu seperti yang sudah saya katakan , Semakin bertambahnya Minat Dan Angka Permintaan/Pembelian Gadget , makan jangan heran jika semakin banyak pula Gadget-Gadget Imitasi yang tidak mementingkan segi Kualitasnya, malahan lebih mementingkan Kuantitas yang mau tak mau mendorong selera pasar dan konsumen untuk membeli Gadget itu.
Sekian dan terima kasih. Semoga Artikel tentang apa? bagaimana cara dan Tips Memilih HP Android supaya tidak terjerumus dari label dan iming iming iklan di TV. 
LihatTutupKomentar