Fungsi Dan Cara Kerja Mesin Cuci



Fungsi Serta Bagian-Bagian (Komponen) Pada Mesin Cuci - Bagi sebagian ibu rumah tangga , kebutuhan akan sebuah mesin cuci yang otomatis pasti cukup membantu menghemat tenaga sehari hari , betul kan ibu ibu ??? :) . Naah untuk itulah para perancang mesin cuci membuat sedemikian rupa mesin cuci , yang di dalamnya tertanam berbagai elemen , yang kebanyakan bersifat mekanik atau gerakan. 

Dan pada ulasan artikel tentang Teknologi di blog smpn1tasikmalaya.blogspot.com kali ini yang akan kita bahas adalah Fungsi dan Kinerja dari mesin Cuci itu sendiri . Mungkin penasaran kaya gimana sih daleman dari mesin cuci? , dan khusus untuk para tukang service dan reparasi mesin cuci ini adalah hal yang sangat di butuhkan dalam metode pendasaran tentang Mesin Cuci Otomatis, Silahkan disimak dan baca dengan baik-baik :)



CARA KERJA MESIN CUCI OTOMATIS

Pertama pakaian kotor dimasukan kedalam drum atau bak mesin cuci. Kontrol (alat elektronik yang mengatur semua pergerakan mesin cuci) akan mendeteksi berapa berat dari pakaian (dengan mengetahui berapa beban motor),  
setelah berat pakaian diketahui kontrol akan mengatur level air, waktu cuci, waktu bilas, waktu pengeringan, dan membuka katup air masuk (water inlet valve).  
Setelah level air tercapai katup air masuk akan ditutup dan agitator mulai berputar untuk menciptakan putaran air.


CARA KARJA MESIN CUCI OTOMATIS
SKEMA / BAGIAN MESIN CUCI OTOMATIS


Bila kontrol telah mendeteksi waktu cuci habis, motor akan berhenti memutar agitator dan katup buang pun dibuka sehingga air hasil pencucian dibuang keluar. 
Setelah air buangan di buang, drum tempat pakaian akan berputar untuk membuang sisa-sisa air yang ada di dalam pakaian.
Setelah itu katup bilas ditutup dan katup air masuk dibuka air pun masuk ke drum mesin cuci, bila level sudah sampai katup air masuk pun ditutup dan mesin cuci pun mulai membilas. 
Jika waktu bilas sudah habis, maka kontrol akan membuka katup buang dan air bilasan pun keluar. 
Setelah itu proses pengeringan pun dilakukan dengan jalan memutar drum mesin cuci. Jika waktu pengeringan sudah habis maka mesin cuci pun berhenti secara otomatis dan proses pencucian telah selesai.


FUNGSI DAN CARA KERJA MESIN CUCI TERBARU
SKEMA BAGIAN UTAMA DARI MESIN CUCI

BAGIAN DARI MESIN CUCI OTOMATIS DAN FUNGSINYA 

1  Leveling feet berfungsi untuk mengatur kedataran mesin cuci agar saat mesin cuci beroperasi tidak terjadi getaran atau vibrasi.
2  Motor berfungsi untuk memutar agitator yang akan mencuci pakaian. 
3  Agitator merupakan bilah yang dapat bergerak memutar bolak balik, berfungsi untuk menciptakan pusaran air 9untuk mengucek pakaian). 
4  Drum merupakan tempat pakain kotor yang akan dicuci. 
5  Lid switch berfungsi untuk mengontrol apakah tutup (lid) dalam keadaan terbuka atau tertutup. Bila tutup mesin cuci terbuka maka mesin cuci tidak bisa beroperasi, switch ini berfungsi sebagai pengaman. 
6  Control dan Monitor merupakan otak dari mesin cuci. Pada mesin cuci otomatis alat ini dapat mengatur waktu pencucian, waktu bilas, level air, dan waktu pengeringan. Dengan alat ini mesin cuci akan bekerja otomatis mulai dari pakaian kotor masuk sampai kering. 
7 Water inlet valve berfungsi mengatur air yang masuk ke mesin cuci berdasarkan perintah alat kontrol. 
8  Drain Hose merupakan saluran buang dari air hasil pencucian.

Artikel Mengenai Fungsi Dan Cara Kerja Mesin Cuci diatas juga berlaku bagi kita yang tidak mau dipusingkan oleh harga / biaya pengeluaran untuk sebuah Mesin Cuci yang mesti di service , makanya akan lebih baik jika admin blog smpn1tasikmalaya menganjurkan supaya mengetahui bagian bagian dari mesiin cuci tersebut. 


Demikianlah para pemirsa terutama para Ibu Rumah Tangga yang setia dengan Mesin Cuci kesayangannya , semoga ulasan dan kabar terkini dari kami selalu bermanfaat bagi semua warga dan rakyat indonesia . Terima Kasih dan Wassallam




Bagikan Ke Teman Facebookmu: