Tips Dan Cara Mudah Belajar Yang Efektif Dan Efisien



Tips & Cara Belajar (Menghafal Pelajaran Sekolah Dengan Mudah) dan tugas tugas kelompok lainnya . Sering atau bahkan juga selalu kita abaikan , itu sering terjadi pada kalian yang mungkin juga tidak memikirkan atau tidak konsentrasi dalam mata pelajaran sekolah. Sehingga ketika ada tugas /  Pekerjaan Rumah , tentu selalu menciptakan hasil yang kurang memuaskan ( Nilai Minim ).

Lalu Bagaimana Cara Yang Mudah Belajar Efektif ? Mudah menghafal Mata-Mata Pelajaran Sekolah? Dan Tugas Kelompok Sekolah. Menurut pengalaman admin sendiri, menyelasikan tugas pelajaran dirumah terasa lebih mudah ketimbang di sekolah, Admin merasa lebih terkonsentrasi disaat belajar sendiri , berbeda juga ketika tugas sekolah berkelompok, yang biasanya lebih memakan waktu lama, karena selalu diselingi dengan bercanda saja.

Untuk itu, cobalah Tips dibawah ini, disaat kalian merasa perlu mengefektifkan Waktu Belajar , Dengan Mudah dan semoga juga nerujung pada Penilaian Guru Sekolah yang betul-betul memuaskan kalian juga.  Selamat mencoba Tips nya. :)



Tips & Cara Belajar Efektif,Efisien  (Menghafal Pelajaran Sekolah Dengan Mudah)
Tips & Cara Belajar Efektif Dan Efisien 


1. Diselingi Dengan Istirahat - Jika merasa mulai jenuh atau bosan belajar terus menerus, ada baiknya diselingi dengan istirahat. Misalkan setiap belajar 1 jam, istirahatnya sekitar 10 menit. Kita bisa melakukannya sambil keluar dulu dari dalam ruang belajar, ambil minum atau makan makanan kecil, tapi jangan lupa untuk balik lagi buat belajar. 

2. Mengatur Tata Ruangan Belajar - Kenyamanan ruang belajar juga bisa membuat suasana belajar kita menjadi enak. Jangan sampai ruangan tersebut berantakan, rapikan dulu barang-barang yang acak-acakan tersebut, jika sudah rapi akan keliatan lebih luas dan segar. Ini juga merupakan bentuk cara belajar efektif yang mempunyai faktor besar. 

3. Sambil Dengarkan Musik - Ada yang bilang kalo cara belajar efektif sambil dengerin musik bisa ngebantu kita agar berpikir jernih. Hmm.. boleh dicoba tuh, tapi jangan sampai musik yang diputar adalah jenis musik hingar bingar, malahan tidak bisa konsentrasi nantinya. Carilah musik yang lembut, dan kalo bisa musik instrumental (tapi hati-hati, jangan sampai ketiduran lho). 

4. Belajar Sekaligus Praktek - Cara belajar efektif yang tidak membosankan keempat adalah jika belajar hanya dengan membaca (teori) saja, bisa menyebabkan jenuh, cobain deh untuk melakukannya (praktek). Misalnya pelajaran IPA, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan demikian kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi mengasyikan, sekalian membuktikan kebenaran teori tersebut. 

5. Belajar Dengan Rutin - Dengan belajar dengan rutin, kita bisa mengingat pelajaran yang dahulu pernah diajarkan oleh guru maupun belum pernah diajarkan. 

6. Jadilah Seorang Detektif - Detektif? ini kan belajar bukannya mecahin kasus kejahatan? maksudnya adalah, di dalam belajar, anggaplah pelajaran itu sebagai teka-teki yang harus dipecahkan, atau kasus yang sangat sulit untuk diselesaikan. Kayak detektif Conan gitu, kalo kita berhasil mecahin kasus tersebut, berarti kita adalah detektif yang hebat. 

7. Ubah Metode Belajar - Jangan belajar dengan cara yang sama dengan terus menerus. mungkin anda tidak cocok dengan teknik belajar seperti itu, setahu kami ada 3 jenis metode cara belajar efektif yang bisa anda pahami ini.-Metode Membaca : sebagian besar orang mengunakan metode belajar ini, orang yang cocok mengunakan tidak mengalami kesulitan yang berarti.-Metode Mendengarkan : Orang tipe ini akan lebih mudah 

8. Ciptakan Suasana Yang Kondusif - Dalam cara belajar efektif, anda harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang anda pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, anda harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.
9. Sering Tapi Jangan Lama (Rutin Dan Teraturlah Belajar) - Belajar jangan terlalu lama, namung per sering anda belajar, seperti pagi 45 menit, siang 15 menit, sore 30menit, malam 1 jam, insya allah cara belajar efektif ini bisa berjalan baik. 

10. Mengerti Bukan Menghafal - Kalau anda menghafal sesuatu belum tentu anda mengerti. Saat Anda mengerti topik yang dipelajari, secara otomatis anda akan paham. Pemahaman ini yang akan membantu anda menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, Anda pasti bisa jawab. Memang sih, beberapa mata pelajaran memang butuh hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya, baca berulang-ulang, tanpa anda sadari hafalan itu bakal melekat di ingatan dengan sendirinya.

Tips & Cara Belajar Mudah , Efektif Dan Efisien

Bekajar Yang Efektif bagi kalian semua, terutama para siswa-siswi semua jenjang pendidikan di Seluruh Indonesia tentu menjadi hal yang selalu diharapkan, demi terciptanya Prestasi Sekolah yang membuat harum dan bangga Sekolah, orang tua dan umumnya semua teman-teman kalian. 

Semoga ulasan singkat tentang Tips Cara Mudah Belajar Efektif ini senantiasa memberikan gambaran, bukan hanya sekedar dibaca saja, Namun Admin berharap,  kalian coba dan terapkan juga dalam realita sehari-hari.




Bagikan Ke Teman Facebookmu: